Fun Cooking Melejitkan Potensi Anak

  • Posted on: 15 October 2015
  • By: kontributor tkit1

Cooking?  Horeee... Hari ini kita masak. Suara sorak anak-anak bergembira menyambut kegiatan di sentra ekplorasi. Hari ini dalam kegiatan fun cooking anak-anak belajar membuat roti tabur meses seres. 

Kegiatan ini bukan hal yang baru. Fun cooking merupakan salah satu kegiatan di TKIT Anak Sholeh Mataram untuk melatih life skill (kecerdasan hidup) anak. Selain itu fun cooking memiliki manfaat yang sangat banyak untuk perkembangan kecerdasan anak. 

Dalam bidang kognitif anak-anak belajar mengenal bentuk roti,  rasa, kandungan makanan, warna, dan mengenal kasar halus.

Bidang fisik motorik anak mengkoordinir tubuhnya untuk melakukan gerakan mengoles mentega yang membantu menguatkan otot tangan dan melatih keterampilan memegang pisau. Melatih kesabaran anak-anak dalam mengantri. 

Dalam bidang bahasa anak-anak belajar mengungkapkan hasil kreasi mereka. Dan di bidang sosial anak-anak belajar berinteraksi dan berbagi. 

Hal yang sangat penting anak-anak belajar bagaimana bersyukur kepada Allah swt akan nikmat makanan yang diberikan-Nya. Bagaimana bersikap terhadap makanan seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw.