LEJIDKAN POTENSI DIRI DENGAN AL-QUR’AN

  • Posted on: 1 April 2017
  • By: kontributor sdit1

 

 

Sebaik baik manusia adalah yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya

Mengapa kita hatamkan al-Qur’an???

Menghatamkan al-qur’an merupakan sunnah  Rasulullah saw dengan keutamaan keutamaannya. Hal ini tergambar dari hadist berikut:

1.       Merupakan amalan yang paling dicintai Allah SWT.

“ dari Ibnu Mas’ud ra. Berkata bahwa Rasulullah saw. Bersabda, “barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu hasanah (kebaikan) dan satu hasanah itu sama artinya sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetepi alif itu satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” )HR. Tirmidz)

2.       Orang yang mengikuti khataman Al-Qur’an, seperti mengikuti pembagian ghanimah

“ dari Abu Qilabah, Rasulullah saw. Mengatakan, “Barangsiapa yang menyaksikan (mengikuti) bacaan Al-Qur’an ketika dibuka (dimulai), maka seakan akan ia mengikuti kemenangan (futuh) fi sabilillah. Dan barang siapa mengikuti pengkhataman Al-Qur’an maka seakan akan ia mengikuti pembagian ghanimah.” (HR. Addarimi)

 

Kami tahu betapa besar kontribusi pembiasaan pada anak-anak didik kita jika dari kecil sudah kita mulai tanamkah pentingnya membaca al-Qur’an, sehingga pada waktunya nanti ananda bisa menjadi orang yang kuat di jamannya.

Alhamdulillah pembiasaan membaca, menghafal serta mengkhatamkan al-Qur’an sudah dilakukan ananda setiap harinya, Sesuai standar kelulusan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia adalah ananda khatam al-Qur’an 3 kali. Akan tetapi karena semangat dari ananda yang luar biasa ada ananda yang bisa mengkhatakan al-Qur’an 3 bulan sekali. Khataman al-Qur’an kita rangkai dengan pembagian raport UTS dan UAS setiap tahunnya. Terakhir khataman al-Qur’an kami lakukan pada hari jumat, 24 Maret 2017.

 Apa ya tujuan sekolah mengadakan khatam qur’an ini? Jawabannya untuk mengevaluasi tilawah harian anak anak dan memberikan penghargaaan buat yang khatam tillawah serta memotifasi siswa-siswi yang belum bisa khatam.

Untuk bisa khatam tilawah al-Qur’an target ananda minimal 1 lembar sehari untuk bisa khatam 1 kali setahun, 2 lembar sehari untuk bisa khatam 2 kali setahun, 3,5 lembar per hari untuk bisa khatam 3 bulan sekali, 5 lembar per hari untuk khatam 2 bulan dan 10 lembar per hari untuk bisa khatam 1 bulan sekali.

Alhamdulillah dalam beberapa kali khatam qur’am di mulai kelas 3-6 sekitar 50 siswa bisa mengkhatamkan al-qur’an selama 3 bulan.

Semoga dengan program khatam qur’an ini ananda bisa lebih semangat dalam tilawah al-Qur’an.