Parenting Skill TKIT Anak Sholeh Mataram

  • Posted on: 2 November 2015
  • By: kontributor tkit1

" Dan hendaklah kalian merasa hawatir jangan sampai meninggalkan keturunan (di belakang) nanti menjadi generasi keturunan yang lemah. Takutlah kalian akan hal itu dan berkata benarlah kalian kepada mereka " (QS.  An-Nisa:9)

Mengapa Parenting? 

Dalam Islam, anak adalah amanah (titipan) dari Allah swt. Sebagi orang yang ditipkan selayaknyalah orang tua memperlakukan dan menjaga anaknya dengan sebaik-baiknya. Ketika anak lahir maka yang menjadi pembimbing utama bagi seorang anak adalah orang tua terutama ibu. Dalam hadis Rasulullah saw disebutkan: ' Ibu adalah madrasah pertama'. Itu artinya peran utama pendidikan anak terletak pada keluarga yakni orang tua. 

Dengan kegiatan parenting ini selain mengingatkan kembali akan makna pendidikan anak bagi orang tua dan menambah pengetahuan orang tua tentang cara mendidik anak, acara ini juga bertujuan untuk mensinergikan program di TKIT dengan di rumah.  Sehingga tujuan pendidikan yang telah dirancang dapat terlaksana dan melahirkan generasi Islam yang cerdas, kreatif dan bertaqwa. 

Manfaat Parenting

1. Peningkatan pengetahuan sikap, dan keterampilan orang tua dalam mendidik anak 

2. Optimalisasi peran orang tua

3. Keseimbagan dan keselarasan program sekolah dan keluarga. 

Materi Parenting

1. Tarbiyatul Aulad (Pendidikan Anak dalam Islam)  di sampaikan oleh Ust. H. Zaunuddin Sulaiman, Lc

2. Parenting Abad 21 dengan pemateri Ust Yulhaidir, M. Psi, Psikolog dan merupakan ketua JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) NTB. 

Pelaksanaan

Alhamdulillah kegiatan parenting dapat terlaksana pada hari Sabtu,  31 Oktober 2015 dari jam 08.00-12.00 di Aula LPMP

Parenting ini alhamdulillah juga mendapatkan respon yang sangat positif dari orang tua. Hampir semua orang tua hadir dan mendukung acara ini. 

Acara insya Allah menjadi program rutin sekolah. Mengingat tantangan dalam mendidik anak ke depan jauh lebih komplek dan dahsyat. Sebagaimana yang diungkapkan oleh pakar pendidikan:

Anak yang hidup dalam pengaruh abad 21 mengalami 4 kali lipat percepatan perubahan (Gordon Dryden) 

Rasulullah saw dalam hadis juga mengingatkan kepada orang tua " Sesungguhnya setiap anak lahir dalam kondisi fitrah.  Dan orang tuanyalah yang menjadikan mereka yahudi, nasrani maupun majusi "(HR.  Mutafaqun 'alaih)

Oleh karena itu maka mulai saat ini marilah kita mulai memenuhi kebutuhan dasar dari setiap anak yakni dicintai, dimengerti, dihargai, dijadikan anak yang bernilai, aman,  bersahabat, dan disukai dalam pengasuhan yang penuh kehangatan