Ratusan Siswa TKIT Anak Sholeh Manasik Haji

  • Posted on: 19 February 2016
  • By: kontributor tkit1

Labbaik allahumma labbaik. Ya Allah kami datang memenuhi panggilan-Mu. Tiada sekutu untuk-Mu segala puji hanya bagi-Mu. 

Ratusan siswa TKIT Anak Sholeh Mataram mengikuti kegiatan manasik haji yang diselenggarakan oleh IGRA dan FKG PAI Propinsi NTB. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 30 Januari 2016 dan kemarin hari kamis, 18 Februari 2016. Manasik haji dilaksanakan di Asrama haji. Selain TKIT Anak Sholeh kegiatan ini juga dihadiri oleh ribuan siswa muslim sekota Mataram.

Manasik haji yang diikuti oleh siswa TKIT Sholeh Mataram dan siswa se-kota Mataram bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Islam sejak dini pada anak. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kementerian Agama Propinsi NTB,  Kabid Haji Propinsi NTB dan Kota Mataram, Kepala PNFI Propinsi NTB dan Kota Mataram, Ketua IGRA dan IGTKI,  Pengawas PAUD, serta beberapa tamu undangan. 

Siswa TKIT Anak Sholeh Mataram berada pada kloter 16 dan 17. Siswa putri berada di kloter 16 dan putranya di kloter 17. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan hidmat. Mulai dari wukuf di Arafah, mengambil batu di Muzdalifah, dilanjutkan dengan mabit di Mina. Dari Mina siswa TKIT Anak Sholeh Mataram berangkat untuk melempar jumrah ula, wustha,  dan aqobah. 

Siswa diajarkan melempar batu di setiap jumrah sebanyak 7X sebagai simbol perlawanan manusia kepada syaithan sebagaimana perlawanan Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as kepada syaithan saat melaksanakan perintah dari Allah swt. 

Selesai dari melempar jumrah, ratusan siswa TKIT Anak Sholeh Mataram belajar melaksankan ibadah tawaf mengelilingi Ka'bah sebanyak 7x. Tepat di depan hajar aswat niat tawaf pun dimulai. Siswa-siswa bertasbih,  bertahmid, dan bertahlil. Di rukun yamani para siswa yang dipandu bu guru beristilam. Mengangkat tangan dan mengucapkan " Bismillahi Allahu akbar". Membaca doa sapu jagat dan kembali beristilam di depan hajar aswat sambil mengecup tangan. Selanjutnya selesai tawaf semua siswa melaksanakan sai. Berlari -lari kecil dari Safa ke Marwa. 

Ibadah sa'i mengajarkan akan kesabaran, kesungguhan, kasih sayang dan kerja keras dari seorang Ibu yakni Ibunda Nabi Ismail as, Siti Hajar ra. Dari sa'i, semua siswa bertahalul mencukur sebagian rambut dan bertakbir. Setelah tahalul sebagai akhir dari manasik haji semua siswa minum air mineral sebagai simbol dari air zam-zam.