Sains Di Sekitar Anak

  • Posted on: 26 August 2016
  • By: kontributor tkit1

Tahun pelajaran baru adalah tahun penuh semangat untuk memulai segala aktivitas dengan semangat baru pula. Dalam pembelajaran kegiatan akan tambah menarik jika dikemas dengan kegiatan nyata yang anak didik bisa terlibat langsung di dalamnya. Semakin banyak indra anak dilibatkan dalam pembelajaran maka seorang pendidik akan lebih mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran. 

Berkaitan dengan indra anak, kegiatan sains sangat banyak yang bisa dilakukan baik di rumah maupun di sekolah. Contoh sederhana, ketika anak dikenalkan dengan panca indra, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melalui permainan mengenal buah.

Langkah yang dilakukan, buah dimasukkan ke dalam kardus tertutup. Anak kemudian meraba, mencium, dan menebak nama buah yang diambi. Setelah itu anak melihat benarkah nama buah yang diambil. Selanjutnya anak memotong dan membuatnya sate buah. Baru anak makan sate buahnya.

Permainan sains sederhana ini banyak manfaatnya bagi anak. Anak dapat meraba permukaan buah yang kasar dan halus mengajarkan kepada anak untuk mengenal fungsi dari kulit. Setelah diraba, buah dihidu untuk mengetahui aromanya. Ini mengajarkan guna dari hidung. Anak menyebutkan dan mendengar nama buah, mengenalkan anak akan fungsi telinga. Mata melihat buah secara nyata, anak belajar fungsi mata, setelah itu anak membuat sate buah dan merasakan buah, mengenalkan anak pada fungsi lidah. 

Jadi belajar sains yang menyenangkan itu tak selamanya butuh bahan dan alat yang mahal. Dengan benda di sekitar kita sains sangat mudah diajarkan kepada anak.