Shoping atau Belajar Ya?

  • Posted on: 19 February 2016
  • By: kontributor tkit1

Inovasi dan ide baru dalam menggagas sebuah tema pembelajaran di taman kanak-kanak tentunya tak pernah putus. Hal ini dilakukan agar anak-anak mampu dengan cepat menerima pembelajaran yang telah dirancang oleh guru dan mereka melakukannya dengan penuh bahagia. 

Belajar tentang pekerjaan, banyak memberikan inspirasi untuk guru TKIT Anak Sholeh Mataram agar menyuguhkan pengalaman yang berbeda dengan kegiatan sebelumnya. Jika sebelumnya tema pekerjaan anak-anak diajak belajar ke beberapa instansi pemerintah seperti Kantor PU, Taman Lalu Lintas Polda NTB, RRI, Kantor Pos, Bandara, maka untuk kali ini anak-anak diajak untuk shoping. 

Aaa... Shoopiiing?  Gak salah tuh bu guru. Masak anak-anak di jam belajar diajak shoping? Terus anak-anak shoping kemana? Beli apa saja? 

Yap. Memang benar. Alhamdulillah Selasa Rabu tanggal 9 dan 10 Februari 2016 kemarin anak-anak TKIT Anak Sholeh belajar tentang pekerjaan di Giant Supermarket. Di sini anak-anak bukan saja shoping tanpa tujuan dan asal beli,tapi mereka bisa belajar banyak hal. 

Shoping anak-anak TKIT Anak Sholeh Mataram sangat seru. Mereka sangat semangat. Apalagi di Giant Supermarket anak-anak disambut penuh kehangatan. Suasana supermarket yang diingin, pintu masuk yang otomatis, serta alunan musik anak yang ceria menjadikan suasana lebih semarak. 

Sebelum shoping anak-anak memulai kegiatan dengan senam otak, mengucapkan syahadat, ikrar anak sholeh dan menyanyikan lagu TKIT Anak Sholeh. Setelah selesai, Tim dari Giant memandu anak-anak untuk keliling mengamati semua isi supermarket. Memperkenalkan berbagai produk yang sedang dijual di Giant. Setiap anak dibekali dengan satu buah keranjang sebagai tempat menaruh barang belanjaan mereka. 

Di supermarket ini anak-anak belajar tentang banyak hal. Seperti mengenal jenis pekerjaan kasir, pembeli, pelayan, cleaning servis, dan lainnya. Mengenal tempat dan peralatan bekerja. Mengenal macam-macam sayur, buah, makanan, minuman, daging, ikan, perlengkapan sekolah, dan banyak lagi. Selain itu anak belajar mengenal nominal uang, memperkirakan barang yang akan dibeli sesuai uang yang mereka punya, belajar bertransaksi, belajar sabar dalam mengantri, belajar berkomunikasi,  belajar mengenal makanan yang mempunyai label halal dan baik untuk dimakan, dan yang tidak kalah pentingnya ketika belajar shoping di supermarket adalah anak belajar JUJUR. 

Jujur dalam mengambil barang. Jujur dalam membeli dan jujur dalam bertransaksi. Semua ini tidak akan anak-anak dapatkan bila mereka hanya belajar shoping/belanja melalui kegiatan main peran saja, dan kegiatan ini bukan mengajarkan anak agar lebih suka shoping.

Setelah keliling sama pelayan supermarket dan bu guru kini saatnya anak-anak shoping. Ada yang beli roti, susu, coklat, permen, buah jeruk, kripik, air mineral, dan es krim. Barang belanjaanpun segera dibawa ke kasir. Uang dari ayah dan bunda segera diserahkan setelah dihitung belanjaannya. Kegembiraan terpancar dari wajah anak-anak karena hari ini bisa belanja sendiri. Keseruan dan suka cita bertambah. Pihak management Giant supermarket memberikan hadiah dan souvenir kepada semua anak. Kegiatan shopingpun ditutup dengan makan dan doa bersama.