Siapa Bilang Main Peran Gak Ada Manfaatnya?

  • Posted on: 20 November 2015
  • By: kontributor tkit1

Anak mana yang tak suka bermain? Tentu jawabannya tidak ada. Bermain merupakan kegiatan yang sangat disenangi oleh setiap anak. Dengan bermain mereka mengekspresikan segala yang ada dalam diri mereka. 

Salah satu kegiatan main yang sangat digemari anak-anak adalah bermain peran. TKIT Anak Sholeh sebagai salah satu lembaga pendidikan anak usia dini berusaha terus memberikan kesempatan kepada semua anak untuk ikut bermain di sentra main peran. 

Sebagai orang tua tentunya kita masih ingat akan main peran yang kita lakukan pada masa kecil kita. Ternyata kegiatan main yang sederhana itu kata pakar parenting dan psikolog memiliki manfaat yang besar bagi anak-anak. Beberapa manfaatnya antara lain menumbuhkan kepercayaan diri anak, melatih anak berkomunikasi dengan orang lain, melatih anak berimajinasi sesuai dengan karakter peran yang dilakoni, melatih anak memecahkan masalah yang dihadapi, serta melatih anak memahami perasaan orang lain. 

Di sentra main peran kegiatannya ada yang bersifat spontan (skenario dan dialog dari anak-anak langsung) dan juga main peran yang terpimpin (guru menentukan skenario dan dialog yang akan dimainkan anak-anak). Kegiatan main peran ini sangat ditunggu-tunggu. 

Skenario main peran disesuaikan dengan tema pembelajaran yang sudah sirancang di awal semester. Misalnya pada tema lingkunganku anak-anak bermain peran sebagi guru, siswa, koki, pembeli, satpam, dan penjual makanan. Anak-anak bermain sesuai perannya masing-masing dan mereka melakukannya dengan suka cita.

Bermain peran hampir tiap hari dilakukan oleh anak-anak di TKIT Anak Sholeh baik dalam kelas sentra maupun di kelas masing-masing dan di halaman sekolah pada waktu jam istirahat.

So, siapa bilang main yang sederhana tak memiliki manfaat. Sebagai orang tua, mari kita luangkan waktu untuk anak-anak kita untuk ikut bermain dalam imajinasi mereka. Tentunya dengan tetap mengarahkan dan membimbing mereka agar mereka tumbuh dalam suasana penuh cinta.