Siswa TKIT Anak Sholeh Mataram Berinfak Rp 4 Juta untuk Anak Yatim

  • Posted on: 26 May 2018
  • By: kontributor tkit1

Membangun sebuah nilai karakter pada anak TK perlu dilakukan secara terus menerus. Tidak cukup hanya sekali. Dibutuhkan banyak cara, moment, dan kreativitas.

Salah satu karakter yang senantiasa ditanamkan pada siswa-siswi TKIT Anak Sholeh Mataram adalah kebiasaan berbagi. Menyisihkan sebagian makanan, pakaian dan uang jajan yang mereka miliki untuk anak-anak yang kurang mampu.

Ramadhan sebagai bulan pendidikan bagi ummat Muslim, berusaha dimanfaatkan. Hari jum'at, 25 Juni 2018 kemarin semua siswa TKIT Anak Sholeh Mataram bekerja sama dengan Dompet Amal Ibnu Abbas (DASI) NTB menyelenggrakan "Penggalangan Dana untuk Berbuka Anak Yatim" yang dirangkai dengan dongeng ceria dari Kak Lina. 

Kegiatan diawali dengan shalat dhuha bersama di halaman sekolah. Diimani oleh Ananda Nadhif Kelompok B3 dengan muazzin Ananda Fawaz Kelompok B2, kegiatan shalat berlangsung hidmad.

Selesai shalat Kak Lina menceritakan tentang seekor Gajah yang rakus dan pelit. Suatu hari si Gajah membawa banyak makan ke taman bermain. Dia makan dengan lahap. Saat itu ada Kelinci yang lagi lapar dan kehausan. Kelinci berusaha meminta Gajah agar mau berbagi. Tetapi Gajah malah mengatakan " Tidak ada makan untuk kamu. Aku masih lapar. Makanan ini hanya untukku". 

Melihat Gajah yang tak mau berbagi sama Kelinci, si Rubah segera menghampiri dan menyerahkan sebagian makanannya kepada Kelinci.

" Alhamdulillah, terima kasih Rubah. Kamu baik sekali".

Selesai makan Kelinci dan Rubah pulang bersama. Tiba-tiba dari kejauhan terdengar suara yang tidak asing lagi di telinga mereka. Ia, itu suara si Gajah yang lagi teriak minta tolong. Ternyata, si Gajah lagi sakit perut karena terlalu banyak makan. 

Kelinci dan Rubah segera menolong. Kelinci kemudian mengingatkan Gajah. "Makanya, jangan pelit dan rakus. Kalau punya makanan berbagi dong sama teman". "Ia. Aku mohon maaf teman. Mulai hari ini aku akan berbagi sama teman". Kata Gajah.

Cerita tentang Gajah dan teman-temannya didengarkan dengan penuh semangat oleh semua anak. Semua anak ceria. Mereka berjanji tidak akan meniru sifat Gajah yang pelit dan rakus.

Selesai mendengarkan dongeng, anak-anakpun bersegera berinfak. Ada dari uang jajan mereka. Ada dari ayah dan ibu yang dititipkan melalui anak-anak. Bahkan banyak orang tua yang ikut berinfak secara langsung bersama anak-anak. 

Alhamdulillah, di akhir acara dana yang terkumpul sebesar Rp 4.447.000. Dana ini kemudian diserahkan ke DASI untuk dibelikan paket berbuka untuk anak yatim piatu. Semoga acara ini mendapatkan berkah. Mampu menanamkan sifat peduli serta mau berbagi dengan orang lain pada siswa TKIT Anak Sholeh Mataram.Aamiin